All for Joomla All for Webmasters

Budidaya Lemon dengan “JIMMY HANTU”

Tamansari, Bogor -JH. Jeruk lemon adalah sejenis jeruk yang banyak tumbuh di daerah iklim tropis dan subtropis serta tidak akan tahan pada cuaca dingin. Proses budidaya buah ini ternyata tidaklah sulit, untuk cara dan waktu penanaman dapat dilakukan kapan saja karena pada dasarnya pohon jeruk dapat bertahan hidup disegala musim.

Jika kita berkunjung ke wilayah Tamansari, Kab. Bogor, tanaman ini begitu mudah kita jumpai. Ada beberapa titik di wilayah kampung Nyalindung yang memang sering menanam jenis tanaman ini.

Untuk memulai menanam jeruk lemon yang harus dipersiapkan tentunya adalah lahan dan pengolahan tanah. Untuk membuat tanah menjadi subur dibutuhkan pemupukan awal yaitu dengan pupuk kandang dan pupuk POC ijo royo-royo Jimmy Hantu. Proses pemupukan POC dapat dilakukan setiap 3 hari selama 2 minggu sebelum penanaman bibit.

Kemudian bibit yang telah disiapkan dipindahkan atau ditanam ke lahan yang tersedia. Jangan lupa, supaya tumbuh baik, tanaman jeruk lemon harus mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Pada proses pertumbuahan bibit yakni perlu pemberian nutrisi secara rutin. Pemupukan dapat menggunakan pupuk organik murni jenis ZPT Ratu Biogen. Kenapa memakai organik, Sebab pupuk organik sangat baik untuk meningkatkan kesuburan tanah dan pertumbuhan serta tidak mengandung zat kimia. Kemudian pada proses pertumbuhan dengan menggunakan pupuk organik cair jenis ZPT dengan cara disemprotkan. karena pupuk ini sangat efektif untuk masa pertumbuhan tanaman, tahan terhadap serangan hama dan juga penyakit.

Perlakuan pemupukan ini dengan cara semprot kabut di pagi hari sebelum jam 8 atau sore hari setelah jam 3. Cara dilakukan setiap 10 hari sekali selama 12 bulan pertama untuk mempercepat dan memperkuat pertumbuhan jeruk.

Selanjutnya untuk umur atau masa panen biasanya kisaran 1,5 tahun. Maka dari itu untuk mempercepat proses pembuahan dan menghasilkan buah dengan kualitas maksimal petani menggunakan pupuk jenis NPK, dimana komposisi pupuk ini terdiri dari ZPT, NPK dan 17 Asam amino lengkap diperkaya vitamin A,D,E dan K. Sehingga sangat baik untuk perkembangan buah, rendeman buah dan rasa original dari buah tersebut.

Supaya efektif dan berbuah banyak tidak lupa disarankan melakukan pemangkasan berkala ranting yang sudah ada, supaya tidak terlalu rimbun. Jika dalam kondisi bagus jeruk lemon dapat dipanen selama dua tahun. Selamat mencoba. (disarikan oleh Reza)

About the Author

Leave a Reply

*